Apa itu Google adsense?

January 19, 2021 Off By Dwayne Daniels

Jika Anda melihat Internet beberapa tahun yang lalu, Anda akan melihat bahwa periklanan dilakukan dengan cara yang sangat mirip dengan jenis media lain seperti televisi, atau sebenarnya, lebih seperti yang Anda lihat di koran.

Anda akan memasuki sebuah situs, dan di beberapa lokasi Anda akan melihat spanduk (sering kali cukup banyak dan sangat besar), yang akan menampilkan dan mengiklankan perusahaan apa pun yang membayar untuk menambahkan ruang Anda.

Tapi ada satu masalah dengan jenis iklan ini. Itu benar-benar tidak mengeksploitasi fakta bahwa penambahan tidak ada di beberapa surat kabar, tetapi disajikan melalui Internet.

Anda mungkin telah memperhatikan banyak hal seperti ini di halaman-halaman yang Anda jelajahi. Anda sedang melihat toko online, mencari jam tangan tetapi Anda mendapatkan spanduk yang mengiklankan mobil.

Meskipun Anda mungkin, suatu saat nanti ingin membeli mobil, saat ini Anda sedang mencari jam tangan dan alangkah baiknya jika spanduk itu mengiklankan jam tangan, karena kemungkinan besar Anda akan mengkliknya.

Itu juga yang dipikirkan oleh orang-orang di Google, jadi mereka datang dengan ide yang mematikan. Ini dikenal sebagai Google AdSense, dan ini dikenal sebagai program periklanan bertarget

Apa yang Anda lakukan (sebagai perancang web / pemilik situs web) adalah, alih-alih melompati rintangan untuk mendapatkan beberapa spanduk di situs Anda yang bahkan tidak akan diperhatikan oleh pengunjung Anda, Anda hanya mengalokasikan beberapa wilayah layar.

Anda kemudian mendaftar untuk program Google AdSense, Anda memasukkan potongan kecil kode di halaman web Anda dan Google memastikan bahwa di lokasi yang Anda tentukan, sebuah spanduk akan muncul, menyajikan penambahan yang relevan dengan konten situs Anda.

Sangat mudah bagi Google untuk melakukan ini karena Google adalah perusahaan mesin pencari. Ini mencari kata kunci di halaman Anda, mencari database situs web untuk menemukan yang terkait dengan apa pun yang ada di halaman Anda dan presto: iklan bertarget.

Anda (webmaster) mendapatkan bayaran untuk setiap pengunjung yang mengklik banner adsense di situs Anda. Sekarang itu pasti akan terjadi lebih sering daripada dengan spanduk tradisional karena orang benar-benar tertarik dengan apa yang ada di spanduk itu (jika tidak, mereka tidak akan ada di halaman Anda, bukan?).

Tapi, ini juga memberikan keajaiban bagi orang-orang yang ingin beriklan. Dan itu karena alasan yang sama. Hal terbaik tentang Google AdSense adalah semua konten dalam spanduk relevan.

Relevansi ini adalah kunci keberhasilan program, dan juga alasan mengapa semua orang tetap bahagia. Pengiklan memiliki iklan yang ditempatkan secara relevan, penerbit mendapatkan uang dari konten mereka dan Google mengambil bagiannya.

Tentu saja, seperti biasa, Google telah menetapkan beberapa standar tinggi untuk program AdSense-nya, dalam hal tampilan dan fungsionalitas. Anda tidak dapat memiliki lebih dari dua spanduk seperti itu di situs web Anda dan Google hanya memasukkan teks ke dalam spanduk ini.

Jadi, manfaat tambahannya adalah iklan AdSense jauh lebih tidak menonjol daripada iklan biasa. Tetapi ini juga berarti Anda harus memposisikan spanduk dengan lebih baik karena mungkin saja pengunjung melewatkannya sama sekali.

Jadi pada akhirnya Google AdSense adalah sebuah program periklanan yang unik karena iklan tersebut relevan dengan konten di situs. Siapapun yang ingin beriklan membayar Google untuk itu. Siapapun yang ingin menempatkan iklan di situs mereka melakukan ini melalui AdSense, dibayar oleh Google dalam prosesnya.

Semua transaksi dijalankan melalui Google, dan pengiklan serta penerbit mendapatkan akses ke statistik yang membantu mereka memahami dan memoderasi keefektifan kampanye mereka.

Seluruh prosesnya elegan, sederhana, dan efektif dari siapa pun di rantai, dari pengunjung situs hingga pengiklan, dan itulah salah satu alasan Google dikenal karena inovasi dan pemikiran baru mereka.